Kelenjar Dalam Tubuh Manusia

Kelenjar Dalam Tubuh Manusia

Sejumlah penyakit disebabkan oleh fungsi kelenjar yang kurang tepat.  Kelenjar melepaskan hormon kedalam aliran darah yang pada gilirannya merangsang organ dalam untuk aktif.  Namun kadang kelenjar  ini terlalu aktif dan kadang terlalu malas sehingga terjadilah ketidak seimbangan  hormonal.

Untuk itu kita harus mengenal beberapa kelenjar berikut lokasi dan fungsinya, yaitu antara lain:

  1. Kelenjar Pituitary, tergantung mirip buah arbei kecil di pusat kepala setinggi titik di tengah-tengah ke dua mata.  Ia merupakan kelenjar utama, membuat hormon pertumbuhan, mengatur kelenjar Thyroid, merangsang produksi insulin  bersama pancreas serta produksi kortison bersama Adrenal, membetulkan perubahan tegangan pada badan, menolong hyphotalamus dan ginjal dalam mengatur kadar air tubuh dan merangsang produksi sel telur  serta sel sperma dalam kelenjar Reproduksi.  Jadi penting bagi kita untuk merangsang dan memerintahkan pituitary supaya serasi dengan kelenjar Endokrin lainnya.
  2. Kelenjar Hypothalamus, kelenjar yang terletak di atas pituitary yang menggantung.  Ini bukan kelenjar hormon namun penghubung system kimia dan syaraf.  Berkaitan dengan sensasi senang, penguasaan metabolisme air, thermostat badan, menimbulkan dendam, control nafsu makan, control berjaga tidur.
  3. Thalamus, sedikit ke atas dan di belakang hypothalamus, juga bukan kelenjar hormon.  Pusat penerima sensasi sentuhan, rasa sakit, panas, dingin, sensasi otot dan mempengaruhi otot raut muka.
  4. Kelenjar Pineal ada dibelakang thalamus, hampir persis di pusat otak besar dan tertutup tulang.  Ia tidak mengeluarkan hormon namun nonotomatis artinya bisa merangsang kelenjar lainnya sebagai tanggapan pada pengaruh dorongan jiwa atau roh.
  5. Kelenjar Thyroid, bentuk mirip kupu-kupu berada di belakang jakun.  Bila terlalu aktif akan meningkatkan metabolisme, bila kurang aktif memperlambat pertumbuhan badan dan otak.  Salah satu hormon yang dapat mengurangi kadar kalsium dalam darah.
  6. Kelenjar Parathyroid, mirip kancing baju yang terpasang pada thyroid, dua pada tiap sisi.  Jika terlalu aktif akan mengambil kalsium dari tulang ke dalam darah dan mengendapkan fosfat lewat ginjal dan pancreas.  Bila kurang aktif akan menurunkan kadar kalsium dalam darah dan dapat menyebabkan otot berdenyut secara berkepanjangan.
  7. Kelenjar Thymus, berada di dinding depan dada, kira-kira di tengah-tengah di atas jantung.  Ia menguasai kerja kelenjar limpa guna memerangi infeksi.
  8. Kelenjar Adrenal, di atas ginjal.  Ia mempengaruhi adrenalin dan non-adrenalin yang mempengaruhi system saraf simpatetis.  Ia melepaskan hormon lainnnya untuk mengatur perbandingan garam dan air dalam tubuh, mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, membuat kortison.  Kelenjar Adrenal yang tidak aktif akan menyebabkan penyakit Addison, tekanan darah rendah, kehilangan rambut badan, pigmentasi kulit.  Bila terlalu aktif menyebabkan terlalu banyak rambut dan tekanan darah tinggi.
  9. Pankreas, kombinasi kelenjar endokrin dan kelenjar bersaluran, terletak di belakang lambung.  Simpul-simpul dipermukaannya disebut pulau langerhans yang membuat insulin (pengatur kadar gula dalam darah).  Pankreas membuat cairan getah lambung.
  10. Kelenjar Reproduksi, terletak di daerah pinggul.  Menghasilkan hormon sex wanita (estrogen) dan hormon sex pria (androgen).
  11. Kelenjar Limpa tersebar diseluruh badan dekat pembuluh darah utama.  Termasuk tonsil (amandel).  Memproduksi sel-sel darah putih  guna memerangi infeksi lokal.  Bersama limpa, adrenal dan pituitary mereka menyediakan hormon guna menolak organ asing seperti kanker.

baca juga : penyembuhan medipic sakit leukimia

Sumber Artikel : Terapi Medipic

WA : 0813-1875-1575

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *