Sejarah dan Teori Akupressure

Sejarah dan Teori

Akupresure adalah cara pijat berdasar titik-titik akupunktur tanpa jarum.  Oleh karena itu titik-titik pijatnya sama dengan titik-titik akupunkture.  Untuk mengenal bagaimana titik-titik akupresure maka Anda harus mengenal dg baik titik-titik akupunktur (Bahan mengenai Akupunkture).

Falsafah akupresure adalah Taoisme yg menyatakan makhluk hidup termasuk manusia terdiri dari unsure Yin dan unsur Yang.  Manusia sehat mempunyai Yin dan Yang yg seimbang.  Sementara yang sakit pasti ada ketidak seimbangan energi.

Yin diwakili bagian dalam tubuh manusia seperti dada, perut, organ padat manusia.  Yin adalah wanita, penyakit kronis, penderitanya tenang, tubuh dingin, lembab, lemah, pucat, nadi lambat lemah tenggelam, selaput lidah putih, otot lidah layu, basah, gemuk, dan perjalanan penyakitnya regresif.

Yang diwakili bagian luar seperti punggung, pinggul, cairan bersih, organ berongga. Yang adalah laki-laki, gejala penyakit akut, penderita selalu gelisah, tubuh panas dan kearing, nadi kuat mengapung cepat, otot lidah kaku, selaput lidah kuning kotor, perjalanan penyakit progresif.

Organ tubuh yang bersifat Yin adalah:

  1. Paru-paru
  2. Limpa
  3. jantung dan selaput jantung
  4. Ginjal
  5. Hati

Organ tubuh yang bersifat Yang adalah:

  1. usus besar
  2. Lambung
  3. Usus kecil
  4. Kandung kemih
  5. Tri pemanas
  6. Kantung Empedu.

Organ Yin dan Yang ini adalah sejodoh  artinya bisa saling berhubungan dan mempengaruhi satu dan lainnya seperati: Paru-paru (Yin) dg Usus besar (Yang)

Sumber: ebook-kukuh praworo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *