SELEDRI

SELEDRI

Seledri

Nama latin seledri adalah Apium Graaveolens. Sedang nama asingnya : calery fruit, smallage, wild calery, qinchi, han-ch’in, kintsay, phak cee.

Kegunaan : penambah cita rasa makanan karena aroma daunnya serta tangkai dan daunnya bisa dijadikan lalapan.

Bagian yang digunakan adalah daun, buah dan akar

Kegunaannya:

daunnya bisa dijadikan shampo untuk melebatkan rambut, dapat dijadikan jus kesehatan, mengurangi minyak wajah dan membersihkan noda pada email gigi.

seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi

minyak biji seledri mampu mengatasi bakteri seperti : streotococcus faecalis, bacillus pumilus, salmonella typhi, pseudomonas solanacaerum.

Beberapa resep yang menggunakan seledri:

  1. Hipertensi: 20 batang seledri cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 nya. Angkat, dinginkan lalu minum dengan ampasnya. Lakukan 2 kali sehari.
  2. penyubur rambut: 10-15 tangkai seledri dicuci lalu dihaluskan. Keramaskan seledri ini ke rambut dan kepala serta lakukan pijatan ringan. Kemudian bungkus kepala handuk selama 1/2 jam dan setelah itu bilas hingga bersih. lakukan 3 x seminggu.
  3. Rematik: batang dan daun seledri 1- 2 genggam bersihkan dan potong kecil-kecil lalu rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. angkat, dinginkan dan saring. Minum sampai habis
  4. wajah berminyak. ambil 3-4 batang seledri, cuci bersih dan diiris kecil-kecil, seduh dan tutup. lalu masukkan ke dalam lemari es. Malam hari bersihkan wajah lalu setelah itu oleskan sari seledri tersebut hingga kering dan bilas. Lakukan secara teratur.

Sumber : herbal Indonesia berkhasiat vol 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *